Contoh Daftar Riwayat Hidup - Salah satu hal penting yang harus ada dalam surat lamaran kerja adalah daftar riwayat hidup. Meskipun daftar riwayat hidup ini penting tapi ternyata masih banyak yang belum bisa menulisnya dengan baik. Untungnya saat ini ada contoh daftar riwayat hidup yang ditulis dengan baik dan benar untuk dijadikan referensi.

Jadi anda jadi lebih mudah dalam membuat daftar riwayat hidup ini. Dengan melihat contoh anda hanya tinggal menyesuaikan dengan apa yang akan anda tulis dalam daftar riwayat hidup anda nantinya. Namun sebelum melihat langsung ke contohnya lebih baik anda ketahui juga hal-hal penting yang harus ditulis dalam daftar riwayat hidup.

Bagian yang Harus Dicantumkan di Daftar Riwayat Hidup

Tujuan dari dibuatnya daftar riwayat hidup adalah untuk bahan informasi kepada perusahaan tentang diri anda. Dengan adanya daftar riwayat hidup perusahaan jadi lebih tahu informasi pribadi, keterampilan, bakat dan informasi penting lainnya. Jika anda ingin membuat daftar riwayat hidup maka hal penting ini jangan sampai terlewat seperti:

1. Data Pribadi

Data pribadi wajib anda cantumkan karena ini menjadi pokok dari daftar riwayat hidup. Data diri ini meliputi nama lengkap, usia, alamat rumah, tanggal lahir dan alamat email anda.

2. Deskripsi Diri

Agar perusahaan lebih mengenal diri anda maka sebaiknya gambarkan sedikit deskripsi tentang anda. Mulai dari bakat yang dimiliki, hobi dan promosikan semua yang anda bisa terutama berkaitan dengan pekerjaan yang anda inginkan.

3. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan juga sangat penting untuk dicantumkan. Biasanya perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan syarat khusus misalnya pendidikan minimal SMA. Nah, jika anda sudah mencantumkan daftar pendidikan akan memudahkan perusahaan untuk menindaklanjuti surat lamaran anda tanpa harus bertanya dulu.

4. Pengalaman Organisasi

Pengalaman anda dalam berorganisasi lebih baik juga dicantumkan dalam daftar riwayat hidup. Hal ini untuk bahan pertimbangan perusahaan menerima anda jadi rekan kerjanya. Pengalaman organisasi bisa menjadi nilai tambah bagi anda.

5. Keahlian Tambahan

Jika anda memiliki keahlian tambahan atau pernah mengikuti berbagai pelatihan , tidak ada salahnya menuliskannya juga dalam daftar riwayat hidup anda. Siapa tahu jika anda tidak masuk ke bidang lowongan yang anda minta, bisa menempati bagian lain yang juga dibutuhkan perusahaan.

6. Prestasi yang Pernah Dicapai

Setiap perusahaan pastinya menginginkan calon karyawan yang memiliki pengalaman dan berprestasi. Jika diantara keahlian, pengalaman anda dengan calon tenaga kerja yang lain memiliki bobot yang sama, anda akan diperioritaskan jika ternyata anda memiliki prestasi yang bisa menguntungkan perusahaan.

7. Pengalaman Kerja dan Referensi Perusahaan

Perusahaan akan memilih yang memiliki pengalaman karena tidak harus mengajarinya dari nol. Jadi calon tenaga kerja akan lebih mudah dalam beradaptasi di lingkungan kerja yang baru.

Apalagi kalau ada referensi kerja dari perusahaan yang sebelumnya maka sebaiknya anda tulis dalam daftar riwayat hidup karena bisa mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap diri anda.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Berbagai Versi

Jika melihat bagian yang harus dicantumkan anda belum begitu memahami. Maka anda bisa melihat beberapa contoh daftar riwayat hidup seperti yang akan dicontohkan di bawah ini

Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Berikut contoh daftar riwayat hidup fresh graduate buat sobat pencaker.id yang belum memiliki pengalaman bekerja dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, simak selengkapnya dibawah ini.

Kepada Yth, HRD (Nama Perusahaan) (Nama Perusahaan) (Alamat Perusahaan) Dengan hormat, Dengan surat ini saya mengajukan diri untuk bergabung ke (Lowongan Pekerjaan) di (Nama Perusahaan) Berikut, data pribadi singkat saya:

  • Nama:……………………
  • Tempat, tgl. lahir: ………………
  • Pendidikan akhir: …………………
  • Alamat: …………………………………
  • Telepon (HP): ………………………
  • e-mail: ……………………………
  • Status perkawinan: (belum menikah/sudah nikah)

(Jelaskan kondisimu sekarang, keterampilan yang kamu punya dan jelaskan mengapa kamu layak untuk lowongan pekerjaan tersebut) Sekarang ini kondisi jasmani maupun rohani sehat dan baik dan saya bisa baik dari berbicara dan menulis menggunakan Bahasa Inggris. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang saya miliki, saya yakin bisa melakukan pekerjaan yang terbaik, keahlian negosiasi dan marketing. Saya juga bisa mengoperasikan software komputer, dari paket MS Office maupun software-software lainnya. Berikut, beberapa lampiran yang saya miliki dan menjadi bahan pertimbangan:

  1. Daftar riwayat hidup/Curriculum Vitae
  2. Sertifikat kursus/pelatihan
  3. Ijasah S1 dan transkrip nilai

Demikian surat lamaran ini maupun lampiran, saya memohon Bapak/Ibu untuk meluangkan waktu memberikan kesempatan kepada saya untuk wawancara. Agar saya bisa menjelaskan dari potensi saya yang miliki dan penjelasan lebih lengkapnya. Hormat saya, ( ______________ )

Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate Bahasa Inggris

Dear ( Name of Hiring Manager )

I am writing this letter to express my interest for the position of ( Position ) in your company.

Having recently obtained my Bachelor’s Degree in ( your Degree ) from the ABC University, I hope to bring my knowledge, skills and commitment to excellence to your company’s innovative environment.

Throughout my education, I’ve become equipped with the necessary knowledge that come with the position including  ( the skills and knowledge that you've owned )  ( Describe your relevant achievements in previous company ) My internship at ABC Company also afforded me with the crucial skills to work with some of the best professionals in the ( industry that you applied ). During the course of my four months internship, I developed enthusiasm for ( the field that you interested in ).

Some of my achievements during internship include ( describe your most relevant achievement to the position that you applied ).

For additional details regarding my qualification and expertise, please review my CV as attached with this letter. I hope to discuss more with you, if you have any questions regarding to my CV, please contact me at ( Your phone number ).

Thank you for taking the time to consider this application and I look forward to hearing from you.

Best Regards

(Your Name)

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Baca juga: Contoh Soal Psikotes

Itulah tadi contoh daftar riwayat hidup dan bagian-bagian penting yang harus tercantum didalamnya. Dengan mengetahui bagian terpenting yang harus ada dalam daftar riwayat hidup akan memudahkan bagi perusahaan untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang diri anda.

Buat sobat Pencaker.id yang ingin mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru melalui Telegram, silahkan subscribe channel Telegram kami disini.

Proses rekrutmen Contoh Daftar Riwayat Hidup dan Bagian-bagian yang Harus ada tidak dipungut biaya apapun !!!
Lebih baru Lebih lama